Riau Culture Centre

DAUN SIRIH
Assalamu’alaikum wr. wb

Salam Budaya,
Senang bisa berada ditengah teman – teman Budayawan dan Seniman bersama berjibaku dalam melestarikan dan mengembangkan Kebudayaan di Provinsi Riau. Taman Budaya Riau yang merupakan unit pelaksana teknis dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Riau, senantiasa berusaha memberikna dukungan baik dalam hal sarana maupun pra sarana guna kemajuan Kebudayaan di Provinsi Riau. Dengan fasilitas yang dimiliki Taman Budaya Riau saat ini, yang antara lain seperti, Gedung Olah Seni, Rumah Tari, Teater dan Rupa serta wisma seni, diharapkan Taman Budaya Riau mampu menampung para pelaku seni dan budaya untuk beraktifitas dalam mencipta maupun mempergelarkan karya cipta tersebut.
Tahun 2009 ini Taman Budaya Riau kembali menjadi UPT (unit pelaksana teknis) dan kembali menyadang nama Taman Budaya setelah beberapa tahun berganti nama dan fungsi menjadi Balai Penelitian dan Pelatihan Dinas Kebudayaan, Kesenian dan pariwisata Provinsi Riau. Inipun merupakan suatu perubahan positif yang diyakini mampu lebih meningkatkan kinerja Taman Budaya Riau yang akhir diharapkan dapat meningkatkan Kebudayaan itu sendiri.
Beberapa fasilitas yang di Taman Budaya dan dapat dipergunakan bagi para pelaku seni adalah antara lain :
Gedung Olah Seni
Gedung Olah Seni
Gedung Olah Seni
Fasilitas ini dapat dipergunakan untuk keperluan pergelaran karya baik itu musik, tari, teater maupun pameran seni rupa, dan lainnya. Gedung inipun telah dilengkapi dengan fasilitas genset yang dapat digunakan bila perlukan.
Rumah Tari
Rumah Tari Umar Umayyah
Rumah Tari Umar Umayyah
Rumah tari Umar Umayyah, sesui dengan namanya yakni rumah tari, dapat dipergunakan untuk tempat latihan tari. Difasilitasi dengan cermin agar para penari dan penata tari dapat lebih maksimal dalam bereksplori. Saat ini , sudah ada beberapa sanggar atau kelompok tari yang telah menggunakan fasilitas ini seperti, sanggar tari Malay dan Tameng Sari.
Rumah Rupa
Rumah Rupa Lontiak
Rumah Rupa Lontiak
Fasilitas ini diperuntukkan bagi para perupa dalam mengimajinasikan karya – karyanya.
Rumah Teater
Rumah Teater Ibrahim Sattah
Rumah Teater Ibrahim Sattah
Fasilitas yang baru saja direnofasi ini, adalah untuk para pelaku teater dan berkarya.
Teater Terbuka
Teater Terbuka Depan
Teater Terbuka Bustamam Halimi
Sama halnya dengan Gedung Olah Seni, teater terbuka ini dapat dipergunakan untuk keperluan pementasan karya seni.
Teater Terbuka
Teater Terbuka Belakang
Teater Terbuka Sulaiman Syafi'i
Sama halnya dengan Gedung Olah Seni dan teater terbuka Bustamam Halimi, teater terbuka ini juga dapat dipergunakan untuk keperluan pementasan karya seni. Hanya saja ukurannya lebih kecil. Semua fasilitas ini, dapat dipergunakan tanpa di pungut bayaran. Kalaupun ada, itu hanya untuk biaya kerbersihan semata.
Intinya, kebaradaan Taman Budaya lebih diutamakan sebagai wadah bagi para pelaku seni dalam berkarya dan mementaskan hasil karyanya.
Semoga kedepan, kesenian Melayu Riau yang bermuara pada Kebudayaan Melayu dapat lebih berkembang lagi.

silahkan meninggalkan komentar yang membangun.
terima kasih atas kunjungannya
EmoticonEmoticon