Headlines News :
Home » , » Inilah Kerajinan Tangan Khas Riau

Inilah Kerajinan Tangan Khas Riau

Kerajinan Tangan Khas RiauSeminar UKM Riau Goes Online yang ditaja Komunitas Blogger Bertuah Pekanbaru beberapa waktu lalu.
Riau memliki perkembangan kemajuan dan ekonomi yang cukup signifikan, beragam jenis bisnis telah tumbuh subur di Indonesia, khususnya di Provinsi Riau ini. di antara jenis bisnis tersebut adalah penjualan barang dari kerajinan tangan khas Riau.
Produk kerajinan tangan ini di Riau memiliki daya saing yang cukup tinggi karena di imbangi oleh kualitas yang baik. Dengan kualitas yang tidak kalah dengan barang-barang impor.
Produk kerajinan khas Riau saat ini pemasarannya sudah menjangkau beberapa wilayah di Indonesia, bahkan hingga ke mancanegara. Tak hanya dipromosikan via offline, kinipun sudah mulai menjamur istilah UKM Goes Online/Online store.
Jenis kerajinan tangan di provinsi Riau yang menjadi cirri khas adalah seperti : Anyaman pandan, anyaman rotan, tudung saji, tikar, tempat lampu, tenun songket, seni ukir, sulaman batik siak dan masih banyak jenis-jenis yang lainnya. Namun biasanya tenunan songket merupakan tenunan yang paling banyak dicari orang, karena kain songket ini bisa digunakan dalam acara-acara resmi di daerah-daerah.
Ragam jenis kain songket yang biasa digunakan antara lain : songket motif bunga, motif awan, motif tunggal, motif daun tunggal, motif tabir bintang, motif mata panah, motif pucuk rebung, motif siku kaluang, dan motif kuntum bunga. Kain songket ini merupakan kain khas bumi melayu yang tetap harus dijaga kelestariannya.
Kain songket umumnya banyak digunakan pada pakaian adat orang melayu Riau. Kain tenun songket memilki ciri khas dan keunikan tersendiri yang menjadi nilai jual lebih dan menjadi salah satu jenis kerajinan tangan khas di propinsi Riau yang kaya akan keindahan dan estetika sebagai wujud budaya Provinsi Riau yang melambangkan corak, pemikiran dan pandangan masyarakat melayu.
Rencana pemerintah provinsi Riau dalam menyelenggarakan pesta olahraga terbesar di Indonesia (PON ke XVIII) yang akan diadakan pada tahun ini, merupakan suatu peluang dan kesempatan besar yang dapat di manfaatkan oleh kalangan pebisnis. Karena momen seperti ini pasti kebutuhan akan kerajinan tangan sangat meningkat.
Bahkan menurut berita yang di release mengenai PON ke XVIII ini, pemerintah melalui Dinas Koperasi Provinsi Riau telah menyiapkan 500 unit usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk pembuatan cinderamata khas Riau yang akan di ambil dari beberapa daerah di provinsi Riau. Hal ini tentunya akan dapat membantu meningkatkan ekonomi masyarakat sekaligus ajang promosi pariwisata provinsi Riau.
Maka dari itu sudah sepantasnyalah kita menjaga dan melestarikan keberadaan dan pandangan budaya kita, mari kita jaga semua cirri khas provinsi Riau yang kita cintai ini. agar menjadi provinsi yang memiliki marwah melayu dan kaya akan keanekaragaman dan produk-produk yang bermutu.
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Budaya Asli Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger