Manfaat dan Khasiat Buah Sirsak, Buah Ajaib Berduri Halus

manfaat buah sirsak, khasiat daun sirsak, manfaat daun sirsak, kegunaan sirsak, sirsak obat kanker, manfaat jus sirsak, daun sirsak obat kanker, khasiat buah sirsak, khasiat sirsak untuk kanker, daun sirsak obat kanker payudara, manfaat sirsak untuk asam urat, kegunaan daun sirsak, manfaat juice sirsak, kandungan daun sirsakTernyata buah sirsak banyak sekali manfaatnya, bahkan manfaat buah sirsak yang cukup banyak membuat banyak orang mencari dan menanam pohon buah sirsak ini. Khasiat buah sirsak bisa diperoleh dari berbagai mancam olahan buah sirsak, baik dari jus/juice sirsak maupun selai sirsak. Denger-denger sih kalau buah sirsak juga bermanfaat untuk ibu hamil, apa bener sih ? Oke dari pada penasaran mari baca penjabaran saya dibawah ini.

Buah sirsak dengan nama latin Annona muricata L, dipercaya banyak memiliki kandungan gizi tidak hanya buahnya saja yang dapat dimanfaatkan melainkan bunga dan biji. Buah sirsak / sirsat lebih banyak dimanfaatkan untuk kesehatan terutama untuk pengobatan kanker, ambeien, sakit liver, bisul, eksim, rematik, sakit pinggang.

Nama lain buah sirsak adalah : Soursop (Inggris), Corossol atau Anone (Perancis), Zuurzak (Belanda) guanĂ¡bana (Spanish), graviola (Portuguese), Brazilian Paw Paw, Corossolier, Guanavana, Toge-Banreisi, Durian benggala, Nangka blanda, and Nangka londa.

Kandungan Gizi buah sirsak Secara Umum Yang Sudah diteliti diantaranya :
  • Buah sirsak terdiri dari 67,5 persen daging buah, 20 persen kulit buah, 8,5 persen biji buah, dan 4 persen inti buah.
  • Setelah air, kandungan zat gizi yang terbanyak dalam sirsak adalah karbohidrat. Salah satu jenis karbohidrat pada buah sirsak adalah gula pereduksi (glukosa dan fruktosa) dengan kadar 81,9 – 93,6 persen dari kandungan gula total.
  • Buah sirsak mengandung sangat sedikit lemak (0,3 g/100 g), sehingga sangat baik untuk kesehatan. Rasa asam pada sirsak berasal dari asam organik non volatil, terutama asam malat, asam sitrat, dan asam isositrat.
  • Vitamin yang paling dominan pada buah sirsak adalah vitamin C, yaitu sekitar 20 mg per 100 gram daging buah. Kebutuhan vitamin C per orang per hari (yaitu 60 mg), telah dapat dipenuhi hanya dengan mengkonsumsi 300 gram daging buah sirsak. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada sirsak merupakan antioksidan yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlambat proses penuaan (tetap awet muda).
  • Konsumsi 100 g daging buah dapat memenuhi 13 persen kebutuhan serat pangan sehari. Buah sirsak merupakan buah yang kaya akan senyawa fitokimia, sehingga dapat dipastikan bahwa buah tersebut sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan.
  • Senyawa fitokimia tersebut dipastikan memiliki khasiat bagi kesehatan, walaupun belum semuanya terbukti secara ilmiah. Berbagai manfaat sirsak untuk terapi antara lain pengobatan batu empedu, antisembelit, asam urat, dan meningkatkan selera makan. Selain itu, kandungan seratnya juga berfungsi untuk memperlancar pencernaan, terutama untuk pengobatan sembelit (susah buang air besar).


Selain komponen gizi, buah sirsak juga sangat kaya akan komponen non gizi. Salah satu diantaranya adalah mengandung banyak serat pangan (dietary fiber), yaitu mencapai 3,3 g/ 100 g daging buah.

Mineral yang cukup dominan adalah fosfor dan kalsium, masing-masing sebesar 27 dan 14 mg/100 g. Kedua mineral tersebut penting untuk pembentukan massa tulang, sehingga berguna untuk membentuk tulang yang kuat serta menghambat osteoporosis.

Bagaimana tertarik untuk mencoba mengkonsumsi buah sirsak ? Gak ada salahnya kalu mencoba menkonsumsi setiap hari.

1 komentar:

This comment has been removed by a blog administrator.

silahkan meninggalkan komentar yang membangun.
terima kasih atas kunjungannya
EmoticonEmoticon