Mengakses Internet Dengan Komputer


Mengakses internet sangatlah mudah, tinggal dua kali klik internet sudah dapat daksesi. Hal ini tentunya komputer harus tersambung dengan internet telebih dahulu. Langkah yang pertama adalah menjalankan program perambah (browser) yang terpasang di komputer. Pada umumnya komputer standar sudah ada program Internet Explorer untuk menjelajahi internet. Langkah yang kedua adalah memasukkan alamat yang dituju, misalkan www.google.com atau www.yahoo.com. Saat ini ada banyak program browser seperti Mozilla Firefox, Opera, Safari, Avant dan lain-lain, namun dari pengalaman dan berbagai sumber menyebutkan bahwa browser Mozilla Firefox lebih cepat dan aman sebagai program browser.


Kedua alamat tersebut merupakan alamat situs pencari (search engine) terbesar untuk saat ini. Jadi ketika kita ingin mencari artikel yang kita inginkan kita tinggal mengetikkan kata kunci yang di cari dan otomatis situs tersebut akan menampilkan daftar situs yang megandung kata kunci tersebut berdasarkan urutan halaman (page rank). Dalam menentukan urutan ini Google menggunakan teknologi PageRank yaitu mengurutkan suatu halaman web berdasarkan kata kuci, jumlah pengunjung, relevansi topik atau isi dan manfaat dari isi web dan web yang terhubung dengan alamat tersebut.


Dalam menganalisis suatu web Google menggunakan mesin perambah (crawler) yang sangat canggih berdasarkan algoritma dengan tanpa campur tangan manusia. Dengan demikian setiap orang tidak bisa membeli atau menempatkan situsnya agar berada diurutan pertama dalam pencarian menggunakan mesin cari Google.
Gambar disamping menunjukkan urutan alamat web pada mesin cari Google dengan menggunakan kata kunci "artikel" pada halaman khusus di Indonesia.

silahkan meninggalkan komentar yang membangun.
terima kasih atas kunjungannya
EmoticonEmoticon