Pengumuman Sertifikasi Guru 2012 -->

Advertisement

Banner Iklan Sariksa

Pengumuman Sertifikasi Guru 2012

24 Jul 2012

Seperti yang diketahui untuk tahun 2012 ini sebanyak 300.000 guru baik dari TK samapi SMK dan juga guru PLB telah mengikuti Uji Kompetensi Awal (UKA). Sekiranya Anda juga pasti menunggu hasil pengumuman nanti, tentang bagaimana proses pengumuman Sertifikasi Guru 2012 Hasil Uji Kompetensi Awal belum kita ketahui secara pasti. Pastinya bagi para Guru yang dinyatakan lolos akan mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru, sedangkan bagi yang tidak lolos Uji Kompetensi Awal diberikan kesempatan untuk mengulang ujian setelah pembinaan terlebih dulu.

Informasi Peserta Sertifikasi Guru

Berdasar rilisan pengumuman Kemendiknas, persyaratan Sertifikasi Guru 2012 adalah sebagai berikut
Guru yang masih aktif mengajar di sekolah di bawah binaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Memiliki kualifikasi akademik sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV) dari program studi yang terakreditasi atau minimal memiliki izin penyelenggaraan.
Guru yang diangkat dalam jabatan pengawas dengan ketentuan:
bagi pengawas satuan pendidikan selain dari guru yang diangkat sebelum berlakunya Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru (1 Desember 2008), atau
bagi pengawas selain dari guru yang diangkat setelah berlakunya Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru harus pernah memiliki pengalaman formal sebagai guru.
Guru bukan PNS pada sekolah swasta yang memiliki SK sebagai guru tetap dari penyelenggara pendidikan (guru tetap yayasan), sedangkan guru bukan PNS pada sekolah negeri harus memiliki SK pengangkatan sebagai guru dari Bupati/Walikota.
Sudah menjadi guru pada saat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen ditetapkan (30 Desember 2005).
Pada tanggal 1 Januari 2013 belum memasuki usia 60 tahun.
Memiliki nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan (NUPTK).
Guru dan guru yang diangkat dalam jabatan pengawas satuan pendidikan yang BELUM memiliki kualifikasi akademik S-1/D-IV apabila:
pada 1 Januari 2012 sudah mencapai usia 50 tahun dan mempunyai pengalaman kerja 20 tahun sebagai guru, atau
mempunyai golongan IV/a atau memenuhi angka kredit kumulatif setara dengan golongan IV/a (dibuktikan dengan SK kenaikan pangkat).

Dimana daftar urutan rangking calon peserta Sertifikasi Guru 2012 sesuai dengan data NUPTK sampai tanggal 1 Desember 2011 dengan kriteria sebagai berikut
Usia.
Usia dihitung berdasarkan tanggal, bulan, dan tahun kelahiran yang tercantum dalam akta kelahiran atau bukti lain yang sah.
Masa Kerja.
Masa kerja dihitung sejak yang bersangkutan bekerja sebagai guru baik sebagai PNS maupun bukan PNS.
Golongan
Pangkat/golongan adalah pangkat/golongan terakhir yang dimiliki guru saat dicalonkan sebagai peserta sertifikasi guru. Kriteria ini adalah khusus untuk guru PNS atau guru bukan PNS yang telah memiliki SK Inpassing.

Adapun daftar urutan calon peserta sertifikassi guru tahun 2012 bisa diakses melalui situs Kemendiknas (sergur.kemdiknas.go.id). Semoga nama Anda termasuk dalam daftar lolos Pengumuman Hasil Uji Kompetensi Awal Sertifikasi Guru 2012