Tips Mengatasi Insomnia


insomnia penyakit susah tidur
insomnia penyakit susah tidur

Cara Mengatasi Insomnia – Penyakit insomnia adalah penyakit dimana seseorang mengalami susah tidur atau dengan kata lain tidak bisa tidur dengan nyenyak. Menurut hasil survey, rata-rata setiap orang pernah mengalami insomnia sekali dalam hidupnya. Bahkan ada yang lebih ekstrim menyebutkan 30 – 50% populasi mengalami insomnia.
Insomnia ditentukan lebih pada kualitas tidur, bukan pada berapa lama waktu tidur. Seseorang dikatakan mengalami sulit tidur jika sering terjaga lama sekali sampai larut malam, tidak bisa tidur nyenyak, serta sering terbangun pada malam hari atau pagi sekali dan tidak bisa tidur kembali. Hal tersebut mengakibatkan kelelahan dan rasa ngantuk pada siang hari.

Insomnia dapat menyerang semua golongan usia. Meskipun demikian, angka kejadian insomnia akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Hal ini mungkin disebabkan oleh stress yang sering menghinggapi orang yang berusia lebih tua. Disamping itu, perempuan dikatakan lebih sering menderita insomnia bila dibandingkan laki laki.
Penyebab Insomnia
Secara umum, penyebab insomnia dapat dikategorikan ke dalam internal, eksternal dan gangguan karena pola sirkadian yang tidak normal. Paling sering, insomnia atau gangguan tidur berhubungan dengan penyakit dari setiap organ, sedangkan faktor utama penyebab internal insomnia adalah sebagian besar penyakit dengan gangguan nyata dalam pola tidur normal. Namun, insomnia yang serius dapat disebabkan karena kondisi medis seperti penyakit paru obstruktif kronik, atau gangguan tidur yang berhubungan dengan gastroesophageal reflux, ulkus peptikum, fibrositis sindrom, masalah punggung, dan masalah leher. Setiap kerusakan di otak seperti apnea sentral dan neurodegeneratif dapat menyebabkan Alzheimerâ atau penyakit-penyakit yang berpotensi menyebabkan gangguan tidur. Masalah pernapasan juga penyebab utama dalam kasus seperti apnea tidur obstruktif dan mendengkur.

silahkan meninggalkan komentar yang membangun.
terima kasih atas kunjungannya
EmoticonEmoticon