Tanda-Tanda Malam Lailatul Qadar-Malam 1000 Bulan


tanda-tanda malam Lailatul Qadar

Semua pasti tahu apa malam Lailatul Qadar itu dan mengetahui keutamaan malam Lailatul Qadar? Malam Lailatul Qadar adalah malam yang lebih baik dari 1000 bulan, dimana Alqur'an diturunkan pada malam Lailatul Qodar dan pada malam tersebut, malaikat Jibril dan para malaikat-malaikat turun untuk mengatur segala urusannya dengan izin dari Allah SWT. Malam ini sejahtera hingga terbit fajar. Lalu kira-kira kapan malam Lailatul Qadar itu datang? Dan apa tanda-tanda datangnya malam Lailatul Qadar?


Keutamaan Lailatul Qadar
Pada sepuluh terakhir di bulan Ramadhan terdapat malam yang penuh berkah, penuh rahmat yaitu malam Lailatul Qadar, dimana malam tersebut adalah malam yang dimuliakan oleh Allah melebihi malam-malam lainnya. Malam kemuliaan itu malam yang lebih baik dari 1000 bulan. Kelebihan orang yang beribadah pada malam Lailatul Qadar yaitu beribadah satu malam pahalanya sama dengan beribadah selama 1000 bulan.

Kapan Malam Lailatul Qadar Datang?
Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda :

تَحَرَّوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِى الْعَشْرِ الأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ

"Carilah Lailatul Qadar pada sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadhan" (HR. Bukhari)

Terjadinya Lailatul Qadar yaitu di malam-malam ganjil. Malam-malam yang ganjil itu ialah malam 21, 23, 25, 27 dan 29 dari bulan Ramadhan.

Tanda-tanda malam Lailatul Qadar akan datang
1. Udara dan angin sekitar terasa tenang, malam penuh kelembutan, cerah, tidak begitu panas, juga tidak begitu dingin, pada pagi hari matahari bersinar lemah dan nampak kemerah-merahan.
2. Malaikat menurunkan ketenangan sehingga manusia juga merasakan ketenangan dalam beribadah yang tidak didapatkan pada hari-hari yang lain.
3. Manusia dapat melihat malam ini dalam mimpinya sebagaimana terjadi pada sebagian sahabat.
4. Matahari akan terbit pada pagi harinya dalam keadaan cerah, tidak ada sinar.
5. Ada yang berkata orang yang menemui malam Lailatul Qadar, mereka melihat nur yang terang benderang di seluruh tempat yang gelap gulita.

Malam Lailatul Qadar itu tetap dirahasiakan oleh Allah SWT agar umat Islam menghayati sepuluh malam yang terakhir di bulan suci Ramadhan yaitu dengan memperbanyak amal ibadahnya. Semoga kita semua akan dapat menemui malam yang penuh rahmat dan barokah tersebut.

silahkan meninggalkan komentar yang membangun.
terima kasih atas kunjungannya
EmoticonEmoticon