Mengatasi Request Timed Out -->

Advertisement

Banner Iklan Sariksa

Mengatasi Request Timed Out

29 Jul 2012

Entah kenapa belakangan ini jaringan speedy sering terputus-putus, walau tidak sampai 5 menit, tapi membuat hati panas, dan menjengkelkan. Kalau putus seharian, jelas warnet bisa ditutup, dan ditinggal tidur enak deh.

Pekerjaan standar yang admin lakukan adalah mengecek jaringan dengan cara nge " ping " ke modem, atau ke google.com , atau detik.com bahkan DNS pun ikut di ping.


Cara Ping Koneksi Jaringan Telkom Speedy

Lankahnya sebagai beriktu :
1). Masuk ke Menu Command Prompt
Untuk Win XP :
Klik Start ---> Run ---> Cmd ----> Enter
Untuk Win 7 :
Klik Start ---> All Programs ---> Accesories ---> Run ---> Cmd ---> Enter

2). Dari C: Prompt ketik : "ping google.com -t"
C:\Windows\system322\cmd\ping google.com -t
gambar 1
gambar 2
3). Dari 2 gambar diatas bisa dilihat bahwa, pada gambar 1 ping nya bagus berarti jaringan dalam keadaan bagus, sedangkan pada gambar 2 yang dilingkar merah adalah Request timed out (RTO), jaringan dalam keadaan masalah. Walau hanya ada beberapa RTO tetap saja membuat leg, atau tidak bisa browser.
Ada beberapa penyebab terjadinya Request timed out
misalnya:
  1. Dial Up telpon, (jika ada tone jaringan telpon tidak ada masalah)
  2. Spliter telpon rusak, (bypass kabel telpon langsung ke modem, kalau masih RTO, spliter masih OK)
  3. Modem ADSL sudah mulai uzur, panas sehingga mengakibatkan koneksi tidak stabil, untuk mengatasi cukup ganti modem, Setting Ulang Modem. (Jika modem masih gress, penyebabnya bukan modem).
  4. Kabel LAN yang ke arah modem rusak. (Ganti kabel, jika masih RTO, permasalahan bukan pada kabel)
  5. Jaringan Telkom Speedy dalam gangguan, atau jaringan dalam keadaan sibuk,...
Sebelum menghubungi 147, ada cara lain untuk mengatasi hal diatas, tapi jika jaringan dari telkom speedy yang bermasalah, cara-cara dibawah ini tidak akan menyelesaikan permasalahan.
Misalnya :
MENGGANTI DNS SPEEDY dengan DNS ALTERNATIF.
Segera hubungi Teknisi Telkom Speedy atau membuat laporan pengaduan.
MASALAH DENGAN JARINGAN SPEEDY.
PENGADUAN TELKOM SPEEDY.
CALL : 147 (Costumer Service Telkom Speedy)
Memang banyak suka duka dalam mengelola Warnet Pakai Speedy, tapi dari semua permasalahan tersebut, kita bisa belajar untuk lebih baik dan belajar untuk lebih bersabar.
Semoga postingan ini membantu.