Serumpun alang-alang gelap, lembut dan nakal.
Gelap dan bergoyang ia
dan ia pun berbunga dosa.
Engkau tetap yang punya
tapi alang-alang tumbuh di dada.
Gelap dan bergoyang ia
dan ia pun berbunga dosa.
Engkau tetap yang punya
tapi alang-alang tumbuh di dada.
Subagio Sastrowardoyo pernah menulis, dalam bukunya Sosok Pribadi dalam Sajak,
bahwa pemujaan tanpa kritik terhadap tokoh-tokoh sastra dan seni di
Indonesia terus berlanjut hingga pada tokoh Rendra. Apapun yang
dinyatakan Rendra, baik melalui (dalam) sajak maupun teater, dipandang
sebagai sesuatu yang menakjubkan.
Hal ini mengakibatkan hilangnya kepekaan (orang (baca: pembaca)
terhadap unsur-unsur “membuat sensasi belaka” dan munculnya “pencarian
popularitas”, yang justru melemahkan sajak-sajaknya (Rendra) sendiri
(Sastrowardoyo, 1980).
Kemudian, dalam buku yang sama, Subagio menganalisis pengaruh Federico Garcia Lorca pada Rendra, khususnya di kumpulan puisi Ballada Orang-orang Tercinta.
Gaya bersajak Rendra, yang begitu memerhatikan gejala lahiriah, yang
disajikan dalam puisi-puisinya, sangat berbeda dengan beberapa penyair
pendahulu, misalnya, Chairil Anwar dan Sitor Situmorang, yang lebih
banyak bergulat di pencarian batiniah.
Hal ini mungkin sekali terjadi karena Rendra juga merupakan figur
panggung pertunjukan, yang kemudian menganggap puisi sebagai adegan
dramatik yang sedang disajikan untuk penonton. Dalam sudut pandang yang
lain, justru di sinilah letak peran Rendra dalam narasi sejarah
kesusastraan Indonesia.
Rendra menghadirkan sajak-sajak “baru” yang menekankan gejala
lahiriah untuk diamati, diserap, dicerna, dan dimuntahkan secara
dramatik. Walaupun, menurut penelusuran Subagio dalam buku tersebut,
sajak-sajak Rendra tidaklah sepenuhnya “baru” dan “orisinil”.
Dengan sangat ilmiah dan rinci, Subagio membuktikan betapa besar pengaruh Lorca pada kumpulan Ballada Orang-Orang Tercinta.
Subagio mengambil cara ucap Rendra, metafora yang dipakai,
pencitraan-pencitraan yang sering muncul, judul kumpulan sajak yang
dipilih, hingga penyingkatan nama Willibrordus Surendra Broto menjadi WS
Rendra (yang sangat ganjil dalam penyingkatan nama di dalam bahasa
Jawa), untuk dianalisis faktor-faktor, tokoh, dan karya-karya yang
mempengaruhi pembentukannya.
Subagio juga menyatakan bahwa kumpulan puisi Empat Kumpulan Sajak masih merupakan kelanjutan dari balada-balada di Ballada Orang-Orang Tercinta.
Hal ini akan sangat kentara jika dilihat dari banyaknya cerita liris
pendek, kesamaan banyak citra, dan cara ucap yang dipakai Rendra dalam
dua kumpulan puisi tersebut.
Sajak-sajak Rendra dalam Empat Kumpulan Sajak memiliki tema
besar: hubungan cinta lelaki dan perempuan. Tema ini sangat kentara
dalam dua kumpulan sajak pertama yang berjudul Kakawin Kawin dan Malam Stanza. Sedangkan dalam dua kumpulan sajak yang lain, Nyanyian dari Jalanan dan, khususnya, Sajak-Sajak Dua Belas Perak, isi sajak sudah melebar ke tema sosial.
Kakawin Kawin berisi dua sub judul, yaitu Romansa (11 sajak) dan Ke Altar dan Sesudahnya (9 sajak). Dalam Kakawin Kawin,
cerita dimulai dengan sebuah Surat Cinta kepada sang kekasih, dan
dilanjutkan dengan beberapa serenada warna-warni yang memiliki nuansa
rasa yang berbeda.
Citra yang ditampilkan dalam puisi-puisi ini bersifat naturalis.
Pencitraan ini sangat khas dipakai oleh banyak penyair untuk memberikan
kesan liris romantis. Contohnya saja, beberapa gerak fauna dipakai untuk
mengambarkan hubungan dan perasaan; “Dua ekor belibis bercintaan dalam
kolam”, “Engkau adalah putri duyung tergolek lemas mengejap-kejapkan
matanya yang indah dalam jaringku”, “kupacu kudaku menujumu” (hal.
13-16).
Misalnya lagi, citra tumbuhan dan bulan muncul berulang kali;
“alang-alang dan rumputan/bulan mabuk di atasnya”, “pohon jambu di
halaman itu/berbuah dengan lebatnya”,” ..di balik semak itu/sedang bulan
merah mabuk”, “tujuh pasang mata peri/terpejam di pohonan”, “sebuah
pasangan/telah dikawinkan bulan”, “ketika bulan menjenguknya”, dan
lain-lain (Hal. 17-22). Citra-citra ini, yang masih banyak lagi jika
ditelusuri, tentu saja sangat mempengaruhi atmosfer yang ditangkap oleh
pembaca. Salah satunya adalah munculnya kesan pedesaan yang sangat
kental pada puisi-puisi Rendra dalam kumpulan sajak ini.
Kemudian, apakah perbedaan puisi-puisi cinta ini dengan yang lain?
Seperti pernah dianalisis Subagio Sastrowardoyo, cara ucap Rendra dan
penggunaan metafora-metafora yang dramatik dan ganjil-lah yang membuat
puisinya menarik perhatian publik (Subagio, 1980).
Puisi-puisi Rendra didominasi kesan heroik dan penuh semangat, bahkan
juga dalam hubungan percintaan. Hal lain yang cukup menarik adalah
kujujuran dan ketulusan perasaan-perasaan cinta di beberapa puisinya,
misalnya di Episode, Surat Kepada Bunda: Tentang Calon Menantunya,
Kakawin Kawin, dan Ranjang Bulan Ranjang Pengantin.
Dalam sajak-sajak tersebut, atau yang memiliki kecenderungan seperti
itu, tidak ada yang mencoba menipu dengan, misalnya, mengkontraskan teks
dengan teks itu sendiri untuk mencipta kejutan. Alur dalam sebuah sajak
sangat mudah ditebak, sedangkan secara umum dari keseluruhan teks sajak
yang disatukan itu, nada-nada mengalir dengan irama yang pasti: sesudah
menulis surat cinta, lelaki (hampir semua puisi tentang cinta dan
hubungan pasangan ini diceritakan oleh lelaki) melamar perempuan
idamannya, dan menikahlah pasangan itu di gereja yang diberkahi
malaikat. Kemudian, pergilah mereka menikmati ranjang, bernyanyi, dan
meraba masa depan bersama.
Sajak-sajak dalam rumpun Malam Stanza tidak jauh berbeda dengan yang
terdapat di Kakawin Kawin. Namun, secara keseluruhan, subjek-subjek dari
tema cinta sudah melebar.
Kalau dalam Kakawin Kawin yang dibicarakan hanya hubungan
kekasih, dalam rumpun bab yang berisi dua puluh sembilan sajak ini
pembicaraan sudah meluas, misalnya pembicaraan topik hubungan ibu dengan
anak (Batu Hitam, Lagu Ibu, Lagu Serdadu, Ibunda, dan Ia Telah Pergi)
dan hubungan lelaki dengan dunia luar, yaitu, hubungan yang bukan hanya
dengan kekasihnya saja (Lagu Sangsi, Lagu Angin, Malam Jahat, Rumpun
Alang-alang, Mata Anjing, dan Remang-Remang).
Sajak tentang bunda juga dihadirkan secara khusus di sub bab Bunda di bawah rumpun Nyanyian Dari Jalanan.
Sajak itu menggambarkan kerelaan dan kelapangan seorang bunda melepas
putranya mengembara. Hati bunda digambarkan sebagai “tanah yang dibajak
dan diinjak”, yang semakin lama semakin parah tetapi juga semakin subur.
Hati bunda, lanjut sajak itu, merupakan “belantara yang rela terbuka”.
Penggambaran ini sangat menakjubkan dan terlihat tidak klise. Betapa
lapangnya hati yang serupa belantara yang rela terbuka, yang nantinya,
tentu saja, akan ditanami berbagai tanaman baru yang entah akan berjenis
apa.
Sementara itu, sajak Lagu Sangsi, Lagu Angin, Malam Jahat, Rumpun
Alang-alang, Mata Anjing, dan Remang-Remang secara umum bercerita
tentang kebimbangan lelaki atas jalan hidupnya yang masih panjang, yang
dibayangi warna-warni lampu dunia berupa naluri pengembaraan lelaki
ataupun kehadiran wanita lain yang menyilaukan mata dan, seringkali,
membelokkan jalan. Puisi yang dengan sangat jelas memberikan gambaran
itu adalah Rumpun Alang-Alang. Berikut kutipannya:
…
Serumpun alang-alang gelap, lembut dan nakal.
Gelap dan bergoyang ia
dan ia pun berbunga dosa.
Engkau tetap yang punya
tapi alang-alang tumbuh di dada.
Serumpun alang-alang gelap, lembut dan nakal.
Gelap dan bergoyang ia
dan ia pun berbunga dosa.
Engkau tetap yang punya
tapi alang-alang tumbuh di dada.
Penggambaran sosok lelaki beserta motif-motif yang lebih luas juga
dimunculkan dalam sub bab Lelaki, yang terdapat di rumpun kumpulan
ketiga, Nyanyian dari Jalanan. Di sini, ruang gerak dan kegelisahan
lelaki dilebarkan lagi.
Ada yang bercerita tentang perbuatan serong dengan pelacur, yang
digambarkan secara apik melalui citra malam dengan “bulan biru” dan
“birahi lelaki yang menggelincir.” Selanjutnya, dalam sajak yang lain,
Lelaki Sendirian digambarkan sebagai orang yang “hati”nya berupa “hutan”
yang sedang “dilanda topan.”
Selain itu, beberapa sajak lain berbicara tentang pengembaraan,
kematian, bocah penjaja serabi yang “terpencil nyanyinya”, dan masa tua
yang penuh semangat-juang untuk generasi muda bangsa dan yang begitu
gembira menyambut saat penyatuannya dengan bumi.
Dengan porsi yang begitu besar untuk mengeksplorasi lelaki dari
beberapa bentuk hidup dan mimpi-mimpinya, kumpulan sajak ini memberikan
ruang pemahaman psikologis atas lelaki (setidaknya dalam kumpulan sajak
ini saja) yang, jika ditelusuri lagi, akan sangat menarik pembahasannya.
Penggambaran hidup perempuan juga hadir dalam kumpulan sajak ini.
Selain tersirat dalam beberapa penggambaran yang mengungkap lelaki dan
segala kompleksitas pemikirannya, perempuan secara khusus dibicarakan di
bawah sub bab Wanita. Ada tiga sajak dalam kumpulan ini.
Sajak pertama, Nyanyian Perempuan di Kali, berbicara tentang
perempuan-perempuan yang sedang mencuci baju di Kali Solo, yang coklat
airnya di pagi hari. Sajak ini berbicara melalui beberapa narator: “yang
maha tahu,” “kali,” dan “perempuan.” Suasana khas pedesaan mendominasi
sajak ini dengan citra-citra: “kerbau-kerbau”, “tikar pandan”, dan,
tentu saja, adegan perempuan mencucikan baju “kakanda”-nya di sungai di
pagi hari.
Perawan Tua adalah sajak kedua. Sesuai dengan judulnya, sajak ini
bercerita tentang layunya perempuan yang kulitnya mengerut dan buah
dadanya mulai kisut. Keadaan fisik seorang perempuan, dalam sajak ini,
digambarkan begitu penting. Keindahan fisik yang memudar seiring umur
menghadirkan rasa sepi yang memilukan bagi perempuan yang belum atau
tidak memiliki pasangan. Puisi selanjutnya, Aminah, berbicara tentang
seorang kembang desa yang tertipu rayuan lelaki kota. Impiannya hancur
setelah dijebak dijadikan pelacur. Gadis malang ini digambarkan sedang
berjalan di pematang menuju rumahnya di desa. Sambil membayangkan masa
depan, ia sudah bulatkan tekat untuk tetap berjalan di kejatuhannya dan
berniat akan bangkit.
Lelaki dan perempuan dalam beberapa kumpulan sajak ini, seperti yang
sedikit dipaparkan di atas, digambarkan mempunyai dunia yang cenderung
berbeda. Lelaki lebih memiliki hasrat berpetualang dan serong, sedangkan
perempuan, selain sosok bunda yang selalu dipuji-puji, cenderung
menunggu lelaki yang akan mencintai dan dicintainya. Keteguhan hati
perempuan menjadi simbol kekuatannya, sedangkan bagi lelaki, pencarian
hidup dengan pengembaraan menjadi ciri khas kelelakiannya.
Namun, keduanya sama-sama tak terhindarkan dari kesepian. Pembahasan
lebih lanjut tentang hal ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi
pemahaman menyeluruh watak puisi-puisi Rendra, khususnya yang
berhubungan dengan lelaki dan perempuan.
Puisi-puisi dalam Sajak-Sajak Dua Belas Perak, yang seluruhnya
berjumlah dua puluh, mempunyai warna yang lebih beragam. Ada yang
bercerita tentang Kenangan dan Kesepian ketika senjata baja yang
“menikam diri dari belakang” mengingatkan sang narator pada “langit di
desa”, “sawah”, dan “bambu”.
Beberapa sajak membicarakan orang-orang lanjut usia. Nenek yang
Tersia Bersunyi Diri bercerita tentang seorang nenek yang merasa sepi
karena ditinggalkan orang-orang dekatnya (entah anak-anaknya atau
saudara-saudarinya). Begitu sunyinya hidup si nenek tua itu hingga
sapaan seorang bocah mampu mengubah perasaan hati menjadi teduh dan
berbunga! Seorang nenek yang menemui ajal diceritakan dalam Nenek
Kebayan. Nenek yang sudah lupa pada kenangan masa lampau dan sudah jemu
pada hari-hari depan begitu nelangsa karena “hidup yang tinggal diisi
tidur dan bubur” dan “sudah itu sepi pada dada terbujur” tak juga
kunjung usai. Namun, beruntung ia kedatangan tamu malam itu. Seorang
“hitam” mengetuk “pintu/dada”-nya. Disambutnya “tamu budiman” itu dan
“hilang”-lah sudah esok si Nenek Kebayan.
Isu sosial juga coba diangkat dalam antologi ini, antara lain: Anggur
Darah, Mega Putih, dan Pelarian Sia-Sia. Beberapa isu yang diangkat
adalah kekerasan. Anggur Darah menceritakan seorang panglima yang
berusaha memenuhi hasrat kelelakiannya, meneguk darah “cuma buat tanda
megah gagah”. Mega Putih bercerita tentang hilangnya perlindungan
terhadap perjuangan yang belum berakhir, sedangkan Pelarian Sia-Sia
berbicara tentang masa depan yang tak teraba karena masa lalu yang
hitam. Semua sajak sosial disampaikan secara liris. Cara penyampaian ini
memberi kesan kemarahan yang terpendam dan kian membesar. Sajak-sajak
Rendra yang bertemakan isu sosial dalam Empat Kumpulan Sajak merupakan
cikal-bakal sajak-sajak protes yang lebih melambungkan namanya. Kumpulan
sajak itu terangkum dalam Blues untuk Bonnie (1971), Sajak-sajak Sepatu
Tua (1972), Potret Pembangunan dalam Puisi (1983).
Di sajak Ciliwung yang Manis dalam sub bab Jakarta, penggambaran
hidup orang pinggiran disinggung dengan alunan lirik yang elegan.
Berikut sajak lengkapnya:
Ciliwung mengalir
Dan menyindir gedung-gedung kota Jakarta
Kerna tiada bagai kota yang papa itu
Ia tahu siapa bundanya.
Dan menyindir gedung-gedung kota Jakarta
Kerna tiada bagai kota yang papa itu
Ia tahu siapa bundanya.
Ciliwung bagai lidah terjulur
Ciliwung yang manis tunjukkan lenggoknya.
Ciliwung yang manis tunjukkan lenggoknya.
Dan Jakarta kecapaian
Dalam bisingnya yang tawar
Dalamnya berkeliaran wajah-wajah yang lapar
Hati yang berteriak karena sunyinya.
Maka segala sajak
Adalah terlahir karena nestapa
Kalau pun bukan
Adalah dari yang sia-sia
Ataupun ria yang karena papa.
Dalam bisingnya yang tawar
Dalamnya berkeliaran wajah-wajah yang lapar
Hati yang berteriak karena sunyinya.
Maka segala sajak
Adalah terlahir karena nestapa
Kalau pun bukan
Adalah dari yang sia-sia
Ataupun ria yang karena papa.
Ciliwung bagai lidah terjulur
Ciliwung yang manis tunjukkan lengoknya.
Ciliwung yang manis tunjukkan lengoknya.
Ia ada hati di kandungnya
Ia ada nyanyi di hidupnya,
Hoi, geleparnya anak manja!
Ia ada nyanyi di hidupnya,
Hoi, geleparnya anak manja!
Dan bulan bagai perempuan tua
Letih dan tak diinfahkan
Menyebut langkahnya atas kota.
Dan bila ia layangkan pandangnya ke Ciliwung
Kali yang manis membalas menatapnya!
Hoi! Hoi!
Letih dan tak diinfahkan
Menyebut langkahnya atas kota.
Dan bila ia layangkan pandangnya ke Ciliwung
Kali yang manis membalas menatapnya!
Hoi! Hoi!
Ciliwung bagai lidah terjulur
Ciliwung yang manis tunjukkan lenggoknya.
Ciliwung yang manis tunjukkan lenggoknya.
Teman segala orang miskin
Timbunan rindu yang terperam
Bukan bunga tapi bunga.
Begitu kali bernyanyi meliuk-liuk
Dan Jakarta disinggung dengan pantatnya.
Timbunan rindu yang terperam
Bukan bunga tapi bunga.
Begitu kali bernyanyi meliuk-liuk
Dan Jakarta disinggung dengan pantatnya.
Sajak di atas merupakan sajak yang “berhasil” melepaskan diri dari
citra-citra pedesaan yang mendominasi keseluruhan sajak, melepaskan diri
dari metafora yang berlebihan, dan yang penyajian lirisnya terasa
mengalirkan pikir seperti sungai Ciliwung yang mengalirkan beban-beban
manusia-urban-miskin di kiri dan kanannya.
Sungai Ciliwing yang Manis merupakan kontemplasi diri penyair
menangkap fenomena lahiriah di sekitarnya dan yang tersaji secara jujur
dan tidak hiperbolik. Tidak seperti kebanyakan sajak Rendra yang lebih
nikmat ketika dideklarasikan, puisi ini, meskipun terlihat sangat
sederhana dan begitu nyata dan begitu dekat realita yang diambilnya,
memberikan ruang pengahayatan pencarian makna yang lebih “dalam” – yaitu
pemaparan yang tidak hanya membuat menganga pendengar (pembaca)
mengagumi hentakan pengandaian citra-citra dalam sajak, tetapi juga
menghadirkan simpati dan menggelitik tindak lanjut pembaca untuk secara
“halus” dan “liris” memahami realita.
Di sini, penyair juga berusaha mengungkapkan posisi sajak-sajaknya:
Maka segala sajak/Adalah terlahir karena nestapa/Kalau pun bukan/Adalah
dari yang sia-sia/Ataupun ria yang karena papa. Sajak-sajak yang
terlahir dari kondisi yang demikianlah yang akan disebut sajak-protes.
Penelusuran elemen-elemen intrinsik, yang tak lengkap, tak panjang,
dan tak dalam di atas, tentu saja tidak akan memberi kepuasan dalam
menjembatani pemahaman atas sajak-sajak Rendra dalam kumpulan ini.
Dibutuhkan perspektif yang berbeda untuk membaca dan memahami sebuah
karya sastra, misalnya, dari biografi penyair, keadaan sosial
masyarakat, dan dari kerangka politik yang melingkupinya. Sangat
diperlukan analisis yang dalam dan komprehensif, seperti yang pernah
dilakukan dengan sangat teliti oleh Subagio Sastrowardoyo, untuk
mendekati karya-karya Rendra dan untuk tidak mengekalkan mitos tentang
seorang Rendra dalam untaian sejarah kesusastraan Indonesia. (Wahmuji)